Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

nomor-induk-siswa-nasional-nisn20180315085733
UMUM admin234 2018-03-15 08:57:35
DOWNLOAD PDF

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) 

 

1. Pengertian
Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. 
Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

 

2. Tujuan dan Manfaat
 
Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.
 
 

PENCARIAN DATA SISWA (Berdasarkan Nomor)
 
PENCARIAN DATA SISWA (Berdasarkan Nama) 
 
 

Bagaimana caranya mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)?

Untuk mengetahui NISN, silakan cek di menu DATA SISWA atau klik pada link ini pada situs NISN, dengan cara:
    • Perncarian Berdasakan NISN


    • Perncarian Berdasakan Nama

    Berdasarkan kedua kriteria diatas, maka akan muncul siswa aktif dengan NISN-nya. Jika tidak ada sama sekali berarti sekolah belum mendaftarkan siswanya.


Bagaimana jika ada 1 orang siswa memiliki 2 (dua) NISN? NISN yang mana yang di digunakan.

NISN yang digunakan adalah NISN yang sudah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi oleh siswa di sekolahnya. Jika tidak, NISN yang digunakan adalah NISN yang paling kecil kodenya. Untuk NISN yang tidak digunakan mohon segera melapor ke operator NISN/NPSN sekolah asal untuk segera dihapus.
 
 
 

Komentar

Belum ada komentar

Tulis Komentar Anda

Silahkan login terlebih dahulu

Berita Lainnya

UMUM @Humas Mar One 2017-10-01 10:03:09

Kemeriahan Tasyakuran Dan Pentas Seni SMK Maarif 1 Kebumen

‌Dalam Rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, sudah selayaknya sebagai Warga Indonesia wajib untuk memperingatinya. Dalam Peringatan Hari Bersejarah atau momen tersebut,…

Modul Prakerind admin234 2017-09-14 10:55:14

MODUL TEKNIK KENDARAAN RINGAN - MESIN OTOMOTIF 2017

Uraian Materi
1. Fungsi Sistem Pendingin
Panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran di dalam motor
dirubah menjadi tenaga gerak. Namun kenyataannya hanya sebagian…

Multimedia @HumasMar-One 2017-08-16 13:49:39

PESERTA DIDIK KELAS XI MULTIMEDIA IKUT PEMBEKALAN KOMPETENSI DI GEDUNG PERFILMAN

            Kegiatan kunjungan Industri atau Study Wisata SMK Ma’arif 1 Kebumen selalu dilaksanakan setiap tahun khususnya di kelas XI SKK. Hal ini berkaitan dengan…

Pengumuman admin234 2018-01-24 08:08:37

Persyaratan Peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2018