Revitalisasi SMK: Peningkatan Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi

revitalisasi-smk-peningkatan-kerja-sama-dengan-perguruan-tinggi20171006083607
UMUM admin234 2017-10-06 08:36:09
DOWNLOAD PDF

Pendampingan tahap 1 Program Revitalisasi 125 SMK yang dilakukan oleh perwakilan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia sedang dilaksanakan baik yang telah dilakukan pada bulan Agustus maupun September 2017. SMK Negeri 1 Temanggung Jawa Tengah adalah termasuk SMK yang didampingi tahap 1 yang berfokus pada bidang Agribisnis dan Agroteknologi.

Bapak Dr. Heri Yudiono, S.Pd., M.T selaku pendamping SMKN 1 Temanggung yang berasal dari Universitas Negeri Semarang telah melaksanakan pendampingan selama 5 hari dibulan Agustus dan September. Mengacu pada 6 aspek revitalisasi, beliau bersama dengan pihak manajemen sekolah mengadakan workshop di hari pertama pendampingan untuk menyamakan persepsi, mengetahui permasalahan SMK dan konfirmasi hasil verifikasi serta sinkronisai dengan aspek-aspek revitalisasi.

Enam aspek tersebut adalah pengembangan dan penyelarasan kurikulum, inovasi pembelajaran, pemenuhan dan peningkatan profesionalitas guru dan tenaga kependidikan, standarisasi sarana dan prasarana utama, penataan dan pengelolaan kelembagaan, serta kerjasama sekolah dengan dunia usaha/industri dan perguruan tinggi. Selain itu, Bapak Heri juga menambahkan aspek penguatan pendidikan karakter dan penataan pengelolaan lingkungan.

Program prioritas yang dilakukan selama pendampingan antara pendamping dengan SMK adalah penyelarasan kurikulum SMKN 1 Temanggung dan workshop yang melibatkan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang dalam bentuk penandatangan MoU kerja sama.

Beberapa bentuk program peningkatan kerja sama dengan perguruan tinggi yang dilakukan antara lain: Pelibatan Perguruan tinggi sebagai mitra dalam kegiatan riset, pengembangan, dan pendampingan penyelenggaraan pendidikan kejuruan; kemitraan dengan Perguruan tinggi dalam pengembangan lembaga SMK, atau SMK sebagai laboratorium pendidikan kejuruan bagi perguruan tinggi; pemanfaatan hasil riset perguruan tinggi sesuai kebutuhan SMK.

 

 

Sumber : dit.PSMK

Komentar

Belum ada komentar

Tulis Komentar Anda

Silahkan login terlebih dahulu

Berita Lainnya

Modul Prakerind admin234 2017-09-14 10:41:28

MODUL SEJARAH BAB 1

Perburuan Mutiara dari Timur
Perlu disadari bahwa Nusantara merupakan kepulauan yang sangat
kaya dan indah. Bagaikan “mutiara dari timur”, Nusantara atau Kepulauan
Indonesia…

Info Loker marto 2017-08-19 10:56:55

LOWONGAN KERJA OPERATOR MAGANG PT.YASUNLI ABADI UTAMA PLASTIC

LOWONGAN KERJA OPERATOR MAGANG PT.YASUNLI ABADI UTAMA PLASTIC

 

PT. YASUNLI ABADI UTAMA PLASTIK, sebuah Perusahaan yang bergerak dibidang industry Manufactur…

HUMAS dan HUBIND @Humas Mar One 2017-08-31 01:04:29

Rencana Kerja Sama Bidang Pendidikan Bersama Negara Taiwan

Salah satu pengembangan SMK Ma'arif 1 Kebumen di bidang Pendidikan,yaitu rencana menjalin kerjasama dengan Industri besar dan Perguruan Tinggi dengan Negara Taiwan. Rencana…

Kesiswaan @Humas Mar One 2017-10-28 19:26:46

SOSIALISASI PENYAKIT BERBAHAYA BUKAN HAL YANG TABU PADA SISWA

Informasi terhadap penanggulangan Aids  atau penyakit menular atau berbahaya sangat penting untuk disampaikan secara umum terutama pada kalangan remaja, maka hal tersebut…